logo blog
Selamat Datang Di Blog ANU
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog ANU,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Etika berkomunikasi melalui SMS atau e-mail

Assalamu'alaikum Pemirsa pemirsa yang sedang melihat tulisan ini..! Kabar ane baik, jika ente bertanya. Kali ini ane akan memposting sebuah tata cara / etika yang benar dalam mengirim e-mail / sms. Biasanya remaja sekarang asal kirim, tanpa peduli kepada siapa dia berkomunikasi. Satu contoh case yang ane temui, ketika sang murid mengirim tugas ke guru/dosennya  :
1. R (remaja) : bu ni tgaz yank ibu kzih kmaren.

Jelas, kalimat di atas samasekali tidak sopan dan salah dalam etika berkomunikasi. Nah, bagaimana kira-kira yang benar

 1.Perhatikan kepada siapa kamu mengirim email.
Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut.

2.  dimulai dengan salam
sms yang baik, dimulai dengan salam. Tuliskan assalamu’alaikum wr wb atau assalamu’alaikum (jangan disingkat : ass, mekum, askum, karena hakikatnya salam adalah doa, jadi jangan disingkat. Dan jangan disingkat dengan “ass”, silahkan di cek di kamus apa artinya :D ), atau selamat pagi, siang, sore…..

3.  sebutkan identitas anda
dosen anda bukanlah phone book berjalan. Jadi saya pun tidak akan menyimpan semua nomor telepon mahasiswa di ponsel. Jadi, sebaiknya anda sebutkan identitas anda sesuai dengan keperluan. misalkan : saya Iqbal Kurniawan, mahasiswa MK X (atau mahasiswa angkatan 20XX), kelas A, tidak perlu menyebutkan NIM :D .

4.  tuliskan keperluan anda dengan singkat dan jelas
jangan terlalu bertele-tele, singkat tapi tetap memperhatikan kesopanan. misalkan : hari ini saya ingin bimbingan skripsi, apakah ibu ada waktu?

5.  ucapkan maaf untuk menunjukkan kerendahan hati anda.
Kata maaf tidaklah selalu diucapkan atas kesalahan, tapi juga untung permohonan izin. Mungkin saja ketika kita sms, dosen sedang sibuk. Misalnya anda ingin menelpon dosen, ucapkan “Maaf, apa Ibu bisa saya telpon sekarang?” atau “Maaf, kapan bapak bisa saya telpon?”
ma·af n 1 pembebasan seseorang dr hukuman (tuntutan, denda, dsb) krn suatu kesalahan; ampun: minta –; 2 ungkapan permintaan ampun atau penyesalan: — , saya datang terlambat; 3 ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu: — , bolehkah saya bertanya;

6.      akhiri dengan ucapan terima kasih

contoh mengirimkan sms yg baik :
Selamat pagi bu, saya XXXXX, mahasiswa angkatan XXX (atau mahasiswa MK XXXX), kelas XXXX, maaf bu, saya mau menanyakan apakah besok ibu ada waktu untuk bimbingan skripsi? terima kasih.

 “SMS adalah pesan singkat, kira-kira panjangnya 160 karakter. SMS bukan telegram, juga bukan email, jadi, tuliskan semuanya dalam pesan singkat, tapi tetap menjaga kesopanan”
demikian sekilas info tentang etika ber sms, baik untuk mengirim sms kepada dosen atau kepada orang yang lebih tua.

Well, di samping bahasa komunikasi melalui sms, juga ada aturan dalam komunikasi melalui e-mail. Apabila Anda ingin mengirimkan email kepada dosen, atau kepada siapapun, akan lebih baik jika menggunakan bahasa yang baik karena bahasa yang baik menunjukkan etika yang baik dari seseorang. Apabila anda ingin mengirimkan email, baik untuk mengumpulkan tugas, konsultasi atau untuk hal yang lainnya, sebaiknya begini.
  1. Apabila anda ingin mengirimkan tugas kuliah, jangan hanya mengirimkan attachment tanpa redaksional. Nah bagaimana menuliskan redaksionalnya? Tidak perlu basa-basi yang panjang. Tapi singkat dan jelas pada inti masalahnya.
  2. Tuliskan kepada siapa kita akan mengirim email. Misalnya : Yth Bu Shinta, atau Dear Ms XXX
  3. Ucapkan salam, misalkan assalamualaikum wr wb, selamat siang, selamat pagi
  4. Seperti pada sms, anda sebaiknya menuliskan identitas anda, misalnya : saya, shinta rosalia, mahasiswa kelas XXX
  5. Kemudian tuliskan keperluan anda. Misalnya : Berikut saya kirimkan tugas mata kuliah teknik bioseparasi. Dst…
  6. Akhiri dengan terimakasih
  7. Jangan lupa tuliskan salam penutup, misalnya :
Hormat saya
Iqbal

Atau
Best regards, atau Regards
Iqbal

Seseorang yang beretika baik, akan dipandang hormat oleh orang lain. Komunikasi yang baik, melalui sms maupun e-mail mencerminkan etika seseorang dalam berkomunikasi. Saya menuliskan ini bukan karena “gila hormat”, hanya supaya kita semua terbiasa beretika baik dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan, karena komunikasi penting dalam dunia kerja nanti.

Demikianlah Post kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb......
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Nothing's Impossible - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger